Jumat, 26 Juli 2013

Contoh studi kelayakan bisnis ( teoritis )

A. Raja Fotocopy
“ RAJA SATU FOTOCOPY ” PALANGKA RAYA
( SPESIALIS FOTOCOPY,PENJILITAN SERTA SEBAGAINYA )

Dalam perkembangan zaman, tentu kebutuhan manusia kian bertambah. Hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya permintaan baik itu berupa kebutuhan primer ( makan, minum, pakaian ) maupun kebutuhan tambahan seperti televisi, handphone, komputer/laptop dsb. Hal ini juga memacu manusia untuk berusaha untuk memenuhi kebutuhan serta aktualisasi diri dengan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan pendidikan.

Dengan semua itu tidak terkecuali di kota palangka raya ini. Demi meningkatkan kualitas diri maka peran masyarakat kian bertambah dengan menambah literatur serta bahan bacaan. Selain itu kebutuhan pemerintah akan berbagaimacam seperti penggandaan laporan, audit dan sebagainya. Dengan demikian maka kami ingin menjawab keinginan para konsumen dengan menciptakan wadah berupa tempat penggandaan yang bernama “ Raja Satu Fotocopy ”.

“ Raja Satu Fotocopy ” adalah tempat penggandaan yang mempunyai fasilitas fotocopy berupa mesin yang kompatibel dengan kualiatas prima yang lebih dari empat jenis mesin baik warna maupun tidak. Kemudian kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan lainnya seperti penjilitan, pencetakan dan pelengkap lainnya. Kelebihan dari Raja Satu Fotocopy adalah harga yang relatif murah dan kualitas yang baik. Selain itu pegawai yang ada juga ramah sehingga pelanggan akan betah. Oleh karena itu maka Raja Satu Fotocopy akan mampu melayani kebutuhan masyarakat akan perfotocopian.








LAPORAN TENTANG ANALISIS KELAYAKAN BISNIS
“ RAJA SATU FOTOCOPY ” PALANGKA RAYA
( SPESIALIS FOTOCOPY,PENJILITAN SERTA SEBAGAINYA )

1.      Aspek Pasar dan Pemasaran
Aspek pasar dan pemasaran pada Raja Satu Fotocopy adalah dilakukan pada tempat perfotokopian yang tersedia dengan melihat kondisi pasar disekitar lingkungan. Kami bertempat di wilayah ramai penduduk dimana kami berada pada tiga piramida yaitu perkantoran pemerintah, lingkungan sekolah serta kampus. Hal ini kami lakukan untuk memudahkan dalam pemasaran produk jasa sehingga segmen pasar kami adalah pegawai, dosen, mahasiswa, serta para siswa sekolah.
2.      Aspek Tekhnikal
Aspek Tekhnikal yang kami miliki adalah dengan melakukan pelayanan prima kepada pelanggan dengan dilayani oleh pegawai yang kompeten serta ramah kepada pelanggan. Fotocopy dapat ditunggu jika itu dalam skala kecil dan bisa diorder jika dalam jumlah yang banyak. Perlu diketahui bahwa kami juga bekerja pada malam hari apabila orderan menumpuk agar pekerjaan segera selesai dan kami bisa melayani pelanggan seefesien mungkin.
3.      Aspek Ekonomi Nasional & Manfaat Sosial
Dengan adanya Raja Satu Fotocopy ini maka tentu memberikan dampak ekonomi secara nasional. Hal ini karena adanya distribusi antar daerah sehingga dapat memperlancar siklus ekonomi nasional. Selain itu juga dengan adanya Raja Fotocopy ini maka akan mengurangi angka pengangguran di Indonesia sehingga tren ekonomi akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Adapun manfaat sosialnya adalah dapat memenuhi kebutuhan perpotokopian masyarakat sehingga lebih mempermudah dalam melakukan pekerjaan.
4.      Aspek AMDAL ( Lingkungan Hidup )

Kami juga tentu memperhatikan aspek lingkungan karena kami tahu bahwa lingkungan adalah penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kami menyediakan tempat pembuangan limbah berupa tinta dan alat mesin yang rusak. Selain itu, kami juga menempatkan tempat pembuangan sampah agar potongan kertas maupun lainnya dapat dibuang pada tempatnya.


DEVI HOUSE
“ THE BEAUTIQUE & RESTO ” 
PALANGKA RAYA

Palangka Raya sebagai central dari kalimantan tengah memiliki keunikan tersendiri sebagai kota yang disebut kota cantik dan pergeliatan ekonomi masyarakat yang makin hari makin berkembangan. Perkembangan ekonomi itu tentu didukung oleh semua faktor baik itu sektor pemerintah maupun swasta. Kota palangka raya merupakan ibu kota provinsi kalimantan tengah dengan populasi penduduk kota lebih dari 300 ribu jiwa (BPS tahun 2011) dan penduduk kalimantan tengah sekitar 2,3 juta jiwa (Desember 2010). Oleh karena itu dengan banyaknya jumlah penduduk maka banyak juga permintaan terhadap berbagai hal baik itu kebutuhan primer,sekunder maupun tersier. Dengan melihat kesempatan itu maka kami memutuskan untuk membuat sebuah butik dan resto yang bernama “ Devi House ”.

Devi House ( The Beautique & Resto ) Palangka Raya adalah sebuah bisnis yang bergelut dibidang perbutikan dan restoran dimana perpaduan keduanya dirangkul menjadi satu dan dinaung dengan nama Devi House sebagai owner dan manajernya. Devi house menyediakan berbagaimacam kebutuhan perbutikan mulai produk tekstil seperti baju, celana, dan sebagainya serta aksesoris pelengkap terutama bagi kaum muda yang hobi gaya dan stylis. Selain itu Devi House juga mengambil peluang kedua yaitu menyediakan aneka makanan baik itu kuliner lokal, nasional maupun mancanegara. Banyak menu dan venue yang telah kami sediakan seperti seafood, puding, cake, drinks dan lain-lain. Ini dilakukan karena tentu untuk menarik minat para pengunjung agar selalu nyaman ditempat yang telah disediakan. Selain itu, kelebihan yang kami tawarkan pada pengunjung adalah lapangan parkir yang luas, sova duduk yang empuk, free hotspot, musik lounce dan pelayanan member card.

Dengan adanya Devi House di kota cantik Palangka Raya ini maka tentu kebutuhan masyarakat akan dapat tercapai dengan kualitas prima yang ditawarkan oleh pihak owner. Selain itu kami juga melayani pesan-antar agar memudahkan para pelanggan yang selalu sibuk dengan aktivitasnya.




LAPORAN TENTANG ANALISIS KELAYAKAN BISNIS
PADA “DEVI HOUSE” ( THE BEAUTIQUE & RESTO ) PALANGKA RAYA

1)      Aspek Pasar dan Pemasaran
Devi House mengambil aspek pasar berupa stay to home ( berada ditempat/rumah ) dimana penjualan dilakukan ditempat yang telah disediakan dengan segmen pasar ibu-ibu, mahasiswa/i serta kaum stylis lainnya. Selain itu pemasaran difokuskan pada penawaran klasik berupa promo dari mulut ke mulut hingga memasuki ranah tekhnologi berupa penggunaan e-commerce dan internet. Promosi juga dilakukan dengan memasukan iklan di majalah, koran, jurnal dan lain yang cost marketingnya rendah.
2)      Aspek Tekhnikal
Aspek tekhnikal yang digunakan oleh Devi House adalah menggunakan sistem ganda dimana penjualan dilakukan secara langsung dengan memberikan penjelasan tentang spesifikasi produk, sumber produk, manfaat produk serta keunggulan produk. Dengan dilakukannya diskusi pendek itu maka negosiasi dapat berlangsung sampai pada akhirnya terjadinya transaksi. Selain itu Devi House juga memberikan pelayanan pesan-antar dengan catatan adanya pemesanan melalui via telephon maupun media lain seperti e-net dan facebook/twetter.
Perlu diketahui bahwa Devi House memiliki pegawai yang sudah cakap dan terampil dalam melayani pelanggang sehingga kami yakin pelanggan tidak akan kecewa.
3)      Aspek Ekonomi Nasional dan Manfaat Sosial
Kami yakin dengan adanya Devi House Palangka Raya ini maka juga akan membantu untuk meningkatkan perekonomian nasional seperti terbukanya lapangan pekerjaan bagi pengangguran, lancarnya siklus ekonomi antar daerah, kemudian juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara luas yang tidak bisa kami jelaskan.
Selain itu juga banyak manfaat sosial yang bisa kita dapat yaitu adanya pemerataan kebutuhan dari kota besar ke daerah serta memenuhi kebutuhan yang belum tersedia saat ini. Dengan adanya Devi House juga banyak sektor keuntungan yang didapatkan baik itu pajak, retribusi dan sebagainya.
4)      Aspek AMDAL ( Lingkungan Hidup )
Devi House ( The Beautique & Resto ) juga tetap memperhatikan aspek lingkungan tempat berusaha. Hal ini kami implementasikan dengan selalu merawat halaman parkir, peremajaan kebun/taman serta mengecekan irigasi. Selain itu limbah resto juga kami lihat dengan menempatkan tong-tong khusus agar segera diantar ke TPS terdekat. Itu adalah komitmen kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar