TUGAS
MANAJEMEN PEMASARAN
1. Apa
yang menjadi faktor-faktor kunci keberhasilan Procter & Gamble (P&G)?
Jawab
:
Ada
banyak faktor kunci keberhasilan P&G dalam memasarkan produknya kepada
khalayak. Faktor ini tidak hanya kepemimpinan pasar P&G yang didasarkan
pada bagaimana melakukan segala sesuatu dengan baik, melainkan pada orkestra
yang sukses atas banyak faktor yang berkontribusi dalam kesuksesannya.
Faktor-faktor kunci kesuksesan P&G adalah pengetahuan pelanggan, pengamatan
jangka panjang, inovasi produk, strategi kualitas, strategi perluasan lini,
strategi perluasan kategori, strategi multimerek, iklan ringan dan pelopor
media, tenaga penjual yang agresif, promosi penjualan yang efektif, ketatnya
persaingan, efesiensi pembuatan dan pemotongan biaya serta sistem manajemen
merek yang efektif.
2.
Dimana letak kerentanan Procter & Gamble
(P&G) apa yang harus diawasi?
Jawab
:
Menurut
saya letak kerentanan P&G dalam siklus pemasaran adalah strategi multimerek
dan tenaga penjual yang agresif. Strategi multimerek yang dilakukan P&G
memang secara sederhana tidak terlalu berbahaya dalam persaingan produk, namun
karena banyaknya ragam mengakibatkan tumpang tindih keefektifan produk dalam
melayani kebutuhan konsumen. Seyogyanya P&G tidak perlu membuat merek produk
terlalu banyak namun lebih menekankan satu merek dengan inovasi-inovasi dan
meningkatkan keunggulan merek. Sedangkan tenaga penjual yang agresif tentu
dapat dilakukan disaat pasar itu stabil sehingga ketika terjadi perubahan pola
dan permintaan pasar pemasaran secara agresif lebih mempunyai resiko yang besar
sehingga produk yang ditawarkan cenderung konstan dari permintaan pelanggan
bahkan terjadinya penurunan kuantitas penjualan.
3.
Rekomendasi apa yang harus Anda berikan
kepada eksekutif pemasaran senior yang ingin terus maju? Apa yang harus mereka
lakukan dibidang pemasarannya?
Jawab
:
Rekomendasi
yang saya berikan kepada eksekutif pemasaran yang ingin terus maju adalah
sebagai berikut :
a. Jalani
fungsi-fungsi pemasaran secara baik
b. Terus
melakukan researct & development terhadap pemasaran
c. Pahami
kebutuhan calon pelanggan
d. Pertahankan
pelanggan tetap dengan memberikan pelayanan yang optimal
e. Jalani
promosi secara berkelanjutan
f. Lakukan
pelatihan terhadap semua tenga pemasaran
g. Ciptakan
peluang pasar baru
h. Miliki
sistem manajemen merek yang prestesius
Yang harus mereka lakukan dibidang pemasaran adalah
mengintegrasikan faktor-faktor penting dalam pemasaran sehingga efektifitas
pemasaran dapat berjalan dengan baik. Selain itu perlu dilakukan kajian-kajian
tentang manajemen merek sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima oleh
semua konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar