Jumat, 26 Juli 2013

Tugas Analisa Manajemen Keuangan

TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN

1.    Apa yang menjadi faktor-faktor kunci keberhasilan Procter & Gamble (P&G)?
Jawab :
Ada banyak faktor kunci keberhasilan P&G dalam memasarkan produknya kepada khalayak. Faktor ini tidak hanya kepemimpinan pasar P&G yang didasarkan pada bagaimana melakukan segala sesuatu dengan baik, melainkan pada orkestra yang sukses atas banyak faktor yang berkontribusi dalam kesuksesannya. Faktor-faktor kunci kesuksesan P&G adalah pengetahuan pelanggan, pengamatan jangka panjang, inovasi produk, strategi kualitas, strategi perluasan lini, strategi perluasan kategori, strategi multimerek, iklan ringan dan pelopor media, tenaga penjual yang agresif, promosi penjualan yang efektif, ketatnya persaingan, efesiensi pembuatan dan pemotongan biaya serta sistem manajemen merek yang efektif.

2.    Dimana letak kerentanan Procter & Gamble (P&G) apa yang harus diawasi?
Jawab :
Menurut saya letak kerentanan P&G dalam siklus pemasaran adalah strategi multimerek dan tenaga penjual yang agresif. Strategi multimerek yang dilakukan P&G memang secara sederhana tidak terlalu berbahaya dalam persaingan produk, namun karena banyaknya ragam mengakibatkan tumpang tindih keefektifan produk dalam melayani kebutuhan konsumen. Seyogyanya P&G tidak perlu membuat merek produk terlalu banyak namun lebih menekankan satu merek dengan inovasi-inovasi dan meningkatkan keunggulan merek. Sedangkan tenaga penjual yang agresif tentu dapat dilakukan disaat pasar itu stabil sehingga ketika terjadi perubahan pola dan permintaan pasar pemasaran secara agresif lebih mempunyai resiko yang besar sehingga produk yang ditawarkan cenderung konstan dari permintaan pelanggan bahkan terjadinya penurunan kuantitas penjualan.




3.    Rekomendasi apa yang harus Anda berikan kepada eksekutif pemasaran senior yang ingin terus maju? Apa yang harus mereka lakukan dibidang pemasarannya?
Jawab :
Rekomendasi yang saya berikan kepada eksekutif pemasaran yang ingin terus maju adalah sebagai berikut :
a.    Jalani fungsi-fungsi pemasaran secara baik
b.    Terus melakukan researct & development terhadap pemasaran
c.    Pahami kebutuhan calon pelanggan
d.    Pertahankan pelanggan tetap dengan memberikan pelayanan yang optimal
e.    Jalani promosi secara berkelanjutan
f.     Lakukan pelatihan terhadap semua tenga pemasaran
g.    Ciptakan peluang pasar baru
h.    Miliki sistem manajemen merek yang prestesius


Yang harus mereka lakukan dibidang pemasaran adalah mengintegrasikan faktor-faktor penting dalam pemasaran sehingga efektifitas pemasaran dapat berjalan dengan baik. Selain itu perlu dilakukan kajian-kajian tentang manajemen merek sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima oleh semua konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar